Penyebab dan Cara Mengatasai Akun PayPal Dibatasi Sementara

 Salah satu masalah yang semua akun PayPal pasti pernah mengalaminya salah satunya adalah rekening yang dibatasi sementara.Kali ini admin ingin share tentang pembatasan rekening ini mulai dari penyebabnya dan cara mengatasinya.

Apakah kasus seperti ini berbahaya? Tentu saja akan menjadi hal yang fatal jika Anda salah dalam menanganinya.

Penyebab dan Cara Mengatasai Akun PayPal Dibatasi Sementara

Penyebab Akun PayPal Dibatasi

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan akun PayPal dibatasi sementara, salah satu diantaranya adalah:

  • Perpindahan saldo yang cepat
  • Aktivitas login yang mencurigakan
  • Pengiriman dalam opsi bayar barang/jasa yang tidak dikonfirmasi pelacakannya
  • Login di perangkat berbeda
  • Lonjakan transaksi yang tidak biasa
  • Terlalu sering login menggunakan jaringan internet yang berbeda-beda dan jaringan yang tidak aman (wifi)
  • Percobaan penarikan dana/pembayaran yang gagal secara berulang-ulang di hari yang sama
  • Akun masih baru (usia dibawah 90 hari) dan sudah menerima cukup banyak transaksi
Jadi pada intinya, Dalam menggunakan PayPal itu harus apik dan konsisten. Selalu usahakan untuk menggunakan device dan jaringan yang sama setiap mau login. Jangan gonta-ganti. Transaksipun harus disesuaikan, jangan terus-terusan melakukan transaksi dalam waktu yang berdekatan.

Karena PayPal itu sistemnya sudah berkelas global, sehingga keamanannyapun sudah pasti tidak sembarangan.


Dampak Dari Akun PayPal Dibatasi

Saat akun anda dibatasi akan ada beberapa fungsi dari akun Anda yang akan diblokir sementara. Banyak tidaknya fungsi yang diblokir tersebut tergantung dari seberapa besar kasus pelanggaran yang Anda buat. Namun yang pasti, beberapa fungsi yang akan diblokir sementara diantaranya:

  • Tidak dapat mengirim pembayaran
  • Tidak dapat melakukan penarikan dana
  • Tidak dapat mengubah data yang sudah tertera di akun Anda


Cara Mengatasi Akun PayPal Dibatasi

Saat akun PayPal Anda dibatasi, Anda diharuskan untuk memberikan beberapa informasi terkait akttivitas dan data akun Anda. Banyak tidaknya informasi yang diminta, tergantung dari seberapa berat kasus pelanggaran akun Anda.

Untuk dapat menyelesaikan kasus pembatasan ini, silahkan Anda login ke akun PayPal anda, lalu dihalaman dashboard scroll kebawah hingga ada opsi Pemberitahuan. Disanalah Anda bisa memperbaiki kasus pembatasan Anda.

Disini saya bagikan beberapa point yang biasanya diminta PayPal Mulai dari kasus ringan hingga kasus berat dan juga bagaimana cara mengatasinya.


1. Upload Bukti Identitas

Informasi yang diminta ini, tergolong kasus pembatasan ringan. Anda hanya perlu mengupload bukti identitas yang sama dengan data akun Anda.

Anda bisa upload foto e-KTP/SIM/Paspor. Kemudian tekan pilihan kirim


2. Unggah bukti Transaksi

Kasus ini juga tergolong kasus ringan. Di menu ini nantinya si PayPal akan meminta anda untuk mengirimkan bukti transaksi sesuai dengan id transaksi yang diminta.

Jika anda berbisnis produk barang berbentuk fisik, anda bisa mengirimkan bukti nomor resi pengiriman barang sesuai id transaksi yang diminta. Jika anda berbisnis dalam produk digital, maka anda bisa berikan bukti chat anda saat transaksi, mulai dari awal percakapan hingga menyelesaikan transaksi pengiriman.

Biasanya PayPal akan meminta beberapa bukti transaksi tersebut di waktu 1 hari hingga seminggu ke belakang. Jadi jika anda berbisnis menggunakan PayPal, usahakan untuk tidak menghapus riwayat chat bisnis anda minimal sampai seminggu kebelakang untuk berjaga-jaga jika diminta informasi yang seperti ini.


3. Jelaskan Bagaimana Anda Menjalankan Bisnis Anda Dalam Sebulan Kebelakang

Disini nantinya ada kolom catatan yang harus Anda isi. Silahkan Anda jelaskan secara terperinci cara kerja bisnis/usaha apa yang Anda Jalankan sebulan kebelakang.


4. Kirim Informasi Bisnis Anda

Disini ada beberapa kolom yang harus Anda isi seperti alamat bisnis, kategori bisnis, hingga produk bisnis. Yang wajib Anda lakukan disini adalah semua jawaban Anda harus sama dengan data yang Anda isi saat Anda membuat akun PayPal Anda tersebut di awal pendaftaran akun. Jangan sampai berbeda.


5. Upload Rekening Koran

Untuk point yang ini sebenarnya simple. Anda tidak harus datang ke bank untuk meminta dibuatkan rekening koran. Untuk menyelesaikan point ini, Anda bisa unggah saja foto halaman depan buku tabungan Anda. Cukup itu saja.

Atau jika tidak ada buku tabungan, Anda bisa buka mbanking, lalu Screenshoot bagian dashboard mbankingnya yang menunjukan nomor rekening Anda dan screenshootkan juga riwayat transaksinya kemudian unggah di point ini.

Namun ingat, Pastikan buku tabungan/mbanking yang diambil gambarnya adalah buku tabungan dari rekening yang terdaftar di Akun PayPal Anda. Jangan yang berbeda.


6. Kirimkan Bukti Lisensi Izin Profesional Usaha

Ini adalah point saat akun Anda dinilai telah melakukan pelanggaran berat. Hal yang bisa anda lakukan adalah silahkan unggah foto company profil CV/PT perusahaan Anda. Ini harus atas nama perusahaan Anda bukan izin usaha atas nama pribadi Anda.

Izin usaha perusahaan ini harus yang terbaru. Minimal izin resminya dibuat 6 bulan kebelakang.


7. Unggah Bukti Faktur pemasok dengan informasi kontak

Ini juga point untuk pelanggaran berat akun PayPal.

Silahkan Anda unggah Dokumen yang menunjukan bukti sumber inventaris perusahaan Anda dan kirim bukti stock barang, bahwa Anda memiliki persediaan barang yang akan dijual.

Opsi lainnya, Anda bisa unggah bukti surat kerjasama dengan pemasok barang. Bukti yang dilampirkan harus menyertakan alamat dan kontak si pemasok barang.


Itulah sharing tentang cara mengatasi point-point yang diminta ketika akun PayPal dibatasi. Jangan coba-coba asal dalam mengisi tiap point yang diminta, karena jika jawaban yang Anda berikan dirasa tidak sesuai dengan yang diminta, maka akun Anda sangat mungkin akan dibanned permanen.

Untuk berjaga-jaga kedepannya, Anda bisa baca artikel ini sebagai referensi: 5 Hal yang Harus Dihindari Agar Akun PayPal Tidak Kena Limit Atau Pembatasan

Sekian dan semoga bermanfaat...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama