Info Lengkap Tentang Perbedaan Antara Pinjol Legal dan Ilegal

 Perusahaan Fintech atau pinjaman online dan lebih sering disebut sebagai pinjol ini di Indonesia saat ini sudah banyak bertaburan. Di play store saja, Anda bisa menemukan hingga lebih dari 70 apk pinjol didalamnya. Setiap pinjol tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Jadi jangan sampai salah pilih karena pinjol ini sangat bisa berdampak buruk buat Anda kedepannya.

Info Lengkap Tentang Perbedaan Antara Pinjol Legal dan Ilegal

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, pinjol di Indonesia ini terbagi menjadi 2 kubu, yang Legal dan ilegal, Untuk pembahasan dasar tentang keduanya bisa Anda simak dibawah ini:


Pinjol Legal

Pinjol legal merupakan pinjaman online yang sudah mengantongi izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga sudah pasti peraturan dan ketentuannyapun akan sesuai standar dan mengikuti peraturan keuangan yang sudah dibuat di Indonesia ini.

Menurut info terbaru dari OJK, tepatnya pada tanggal 18 Mei 2022, total jumlah penyelenggara pinjol yang berizin di OJK adalah sebanyak 102 perusahaan.


Pinjol Ilegal

Sementara pinjol ilegal itu sebaliknya, mereka menjalankan usahanya dengan liar alias tidak memiliki izin resmi dari OJK. Sehingga peraturan dan ketentuannyapun mereka sendiri yang buat dan tidak akan sejalan dengan peraturan yang sudah dibuat sesuai peraturan standar keuangan Indonesia.


Plus Minus Pinjol Legal dan Ilegal

Tentu diantara keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut ini saya rangkum mengenai kelebihan dan kekurangan diantara mereka:


Kelebihan Pinjaman Online Legal:

  • Berizin resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Data Anda aman disini
  • Tenor pinjaman cukup lama
  • Bunga pinjaman rendah
  • Memiliki kantor dan kontak service yang jelas 
  • Jika terlambat membayar, biaya denda keterlambatan tidak akan terus-terusan bertambah


Kekurangan Pinjaman Online Legal:

  • Mempunyai dc lapangan (Debt Collector) yang suatu saat bisa datang menagih kerumah Anda langsung jika Anda telat membayar
  • Jika telat membayar, data Anda bisa masuk daftar hitam Slik OJK


Kelebihan Pinjaman Online Ilegal:

  • Tidak memiliki dc lapangan
  • Data Anda tidak akan masuk Slik OJK


Kekurangan Pinjaman Online Ilegal:

  • Data Anda tidak aman. Seluruh kontak di hp akan disadap
  • Cara menagih yang kasar, mengancam dan meresahkan
  • Jangka waktu pinjaman yang singkat
  • Bunga pinjaman yang sangat tinggi
  • Biaya denda keterlambatan perhari tinggi (bisa hingga Rp 45.000 perhari) dan akan terus bertambah selama belum dibayar


Cara Membedakan Keduanya

Jika Anda cari aplikasi pinjol di play store, sekilas akan sulit membedakan mana yang legal dan mana yang ilegal. Karena dari gambar, logo, deskripsi hingga nama aplikasinya hampir pada sama semua. Pastikan juga untuk tidak membedakan pinjol dari logo OJK yang menempel di aplikasi, karena sekarang cukup banyak juga apk pinjol ilegal yang sengaja memasang logo OJK ditampilan muka aplikasinya.

Untuk cara membedakannya sebenarnya sangat mudah, Aplikasi pinjaman online yang legal itu biasanya memberi jangka waktu pinjaman antara 14 hingga 90 hari di pinjaman pertama Anda, sementara pinjol ilegal lebih singkat, mereka hanya akan memberikan jangka waktu pinjaman antara 5 hingga 10 hari saja.


Sekarang Anda pasti sudah dapat gambaran mengenai keduanya, kesimpulan singkatnya, pinjol legal itu tidak akan meneror Anda berlebihan, namun resikonya jika Anda berurusan dengan pinjol legal, Data anda bisa masuk daftar hitam Slik OJK, dan Anda bisa saja didatangi dc lapangan. Sementara pinjol ilegal, jika Anda berurusan dengan mereka, terornya sangatlah meresahkan, Jika sebelumnya Anda melakukan pinjaman disini tanpa persiapan matang, nama baik Anda bisa tersebar ke teman dekat/keluarga hingga teman kantor Anda. Namun hal baiknya, data Anda tidak akan masuk Slik OJK dan mereka juga tidak mempunyai dc lapangan.

Itulah sharing kali ini mengenai info lengkap tentang pinjol legal dan yang ilegal. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama